Friday, February 15, 2013

TuneUp - Onderstell








TUNE UP
Tune-up merupakan servis yang bertujuan untuk mengembalikan tenaga motor agar sesuai dengan standarnya. Jadi, tune-up merupakan servis penting sebuah mobil sebelum servis lainnya. Sebaiknya dilakukan setiap 10.000 km dan kelipatannya.

Perhatikan asap kenalpot kendaraan Anda. Apabila asap kenalpot mobil bensin Anda berwarna hitam, maka itu merupakan pertanda pembakaran yang tidak sempurna pada mobil kesayangan Anda. Selain itu apabila asap kenalpot mobil Anda menjadi berwarna putih, itu juga merupakan tanda awal dari kebocoran oli yang ikut terbakar bersama dengan bensin mobil Anda.

Seringkali juga mobil menjadi kurang responsif saat pedal gas di injak. Atau terjadi suara knocking (ngelitik) apabila mobil dibawa pada kondisi jalan yang menanjak atau pedal gas diinjak lebih dalam.

Dengan tuneup berkala setiap 10.000 km, maka Anda akan memperpanjang usia sparepart mesin kendaraan Anda, mobil selalu terjaga dalam kondisi prima & tanpa kuatir kondisi mesin apabila sering dibawa untuk perjalanan jauh luar kota. Selain itu juga menghemat pengeluaran untuk belanja sparepart, karena kondisi sparepart selalu terjaga baik.


ONDERSTELL
Onderstel berasal dari bahasa belanda yang artinya nyetel bagian bawah/kolong atau yang kini dikenal dengan kaki-kaki. Berikut part-part yang termasuk onderstel berikut fungsi dan gejala kerusakannya.

  • Tie rod : berfungsi menghubungkan setir dan roda depan sehingga dapat bergerak/belok. Tanda-tanda tie rod mengalami kerusakan adalah roda ketika dalam kondisi bebas(didongkrak) terasa oblak ketika digoyang. Untuk kasus yang parah akan berbunyi ketika belok. Pengaruhnya saat dikendarai adalah kemudi tidak stabil dan setir agak ‘narik’ ke salah satu sisi saat jalan lurus.
  • Ball joint : memiliki peran menghubungkan Swing arm dan poros roda. Cara mengecek kerusakan mirip dengan tie rod dengan gejala yang hampir sama pula ditambah ban habis tidak rata.
  • Upper Upper Mount Stabilizer : merupakan part yang mengikat shockbreaker (depan) dengan sasis/body. Jika part ini bermasalah maka handling akan terganggu serta timbul bunyi-bunyi aneh dari bagian yang rusak. 
  • Bushing Stabilizer : memiliki fungsi sebagai bantalan yang terbuat dari karet. Jika rusak muncul bunyi gesekan besi dan.suara gemblodag saat lewat jalan yang kurang mulus.
  • Link Stabilizer : merupakan penghubung antara stabilizer dengan collover shock juga swing arm. Bunyi-bunyi aneh juga muncul saat melintasi.jalan yang kurang mulus namun tidak terlalu terasa di handling.
  • Bushing Steering Rack : terbuat dari karet yang berfungsi meredam getaran dari roda ke stir. Bila bermasalah maka getaran roda depan akan naik ke stir dan dalam kasus yang parah stir akan jadi liar. 
Segera periksakan mobil Anda di :
Royal Motor
Jl. Veteran Bojonegoro
0353-892121