Untuk beberapa mobil tua, mungkin sering kita jumpai kenalpot mobil mengeluarkan asap putih. Bisa jadi hal itu adalah tanda-tanda adanya oli yang ikut terbakar dan terbuang lewat kenalpot. Lebih parahnya lagi apabila mobil di duga terjadi kerusakan pada seher. Namun jangan terburu panik, mari kita simak beberapa kondisi mesin mobil berdasarkan warna asap kenalpot yang dikeluarkan.
ASAP WARNA HITAM
Asap knalpot mobil berwarna hitam biasanya disebabkan oleh pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna sehingga terdapat sisa pembakaran yang keluar bersama udara. Bisa dikatakan bahwa mesin membakar bahan bakar terlalu banyak (boros). Hal pertama yang harus Anda periksa adalah filter udara dan komponen lainnya seperti sensor, injeksi bahan bakar dan fuel pressure regulator. Beberapa penyebab keluarnya Asap hitam antara lain :
- Kebocoran kompresi mobi
- Nyala api busi yang kecil
- karburator bermasalah
- Filter udara kotor
PUTIH TIPIS
Munculnya asap putih akibat adanya hasil penumpukan kondensasi di dalam sistem pembuangan, terutama pada saat udara dingin di pagi hari. Asap ini bersifat sementara dan hilang dengan sendirinya. Jadi Anda jangan terlalu kuatir.
PUTIH TEBAL
Bisa diakibatkan karena adanya air coolant yang masuk ke ruang bakar. Ini bisa jadi hasil kerusakan serius pada packing head, silinder head, atau blok mesin yang retak dan semuanya butuh perbaikan yang cukup mahal. Jika mobil Anda memakai antifreeze (mobil eropa untuk musim dingin) dampaknya bisa lebih serius karena antifreeze yang masuk pada ruang bakar dapat merusak ruang bakar jika mobil dihidupkan. Kebocoran kecil dalam coolant dapat menyebabkan overheating dan resiko kerusakan mesin.
PUTIH KEBIRUAN
Jika kendaraan mengeluarkan asap berwarna putih kebiruan, itu menandakan bahwa mesin mobil membakar oli mesin. Hal ini disebkan oleh seal klep atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor masuk dan terbakar dalam ruang bakar mobil.Jika melihat asap seperti ini, periksa oli mobil secara teratur dan perhatikan pemakaiannya.
Kerusakan yang nantinya ditimbulkan bakal membutuhkan biaya banyak dan harus segera ditangani. Oli yang masuk pada silinder juga bisa membasahi busi sehingga nyala api menjadi terganggu, oli ini juga bisa menjadi kerak pada ruang bakar dan lama kelamaan bisa merusak mesin.
Bila ternyata mobil kesayangan Anda di vonis harus turun mesin, jangan buru-buru panik dahulu. Kini ada alternatif berupa cairan metal coating NANO ENERGIZER untuk menutup aus pada dinding-diding silinder piston. Sehingga kebocoran oli mesin yang masuk dalam ruang bakar dapat dicegah. Selain itu performa mesin jadi meningkat, suara mesin menjadi halus, dan bbm dapat dihemat karena tenaga pulih seperti sediakala sehingga tenaga secara spontan akan didapatkan dengan tanpa menekan pedal gas terlalu dalam.
Nano Energizer ini menggunakan partikel keramik berukuran 20 nano dan memiliki kekuatan 20 kali kekuatan baja. Cara pemakaiannya sangat mudah, hanya nyalakan mesin sekitar 2-3 menit, kemudian tuangkan Nano Energizer ke dalam blok mesin melalui lubang pengisian oli mesin. Kemudian hidupkan mesin selama 5 menit lagi, atau langsung gunakan kendaraan.
Terdapat dua tipe Nano Energizer, yaitu Nano Energizer All in One untuk mobil dengan kapasitas oli 4-10 liter, sedangkan Nano Energizer Smaller Engine dapat digunakan untuk motor, versneling, gardan, power steering, compressor, dsb.
Efek NANO ENERGIZER akan mulai terasa pada jarak tempuh 200-500km untuk motor. Sedangkan untuk mobil akan terasa pada jarak 1000-1500km. Selama menuju jarak tersebut, akan dirasakan secara perlahan-lahan suara mesin dan getaran menurun, selain asap yang berkurang. Lapisan metal coating dari Nano Energizer mampu bertahan hingga 30.000 km.
Tunggu apa lagi?? Sebelum kehabisan, pesan sekarang juga
DAN SEGERA BUKTIKAN KEHEBATANNYA PADA MOBIL KESAYANGAN ANDA!!